Begini Cara Mencegah Gerd Kambuh Saat Malam Hari
Ilustrasi. (Freepik)

Bagikan:

LAMPUNG – Penderita gastroesophageal reflux disease (Gerd) mungkin pernah merasakan sensasi perih atau panas terbakar di dada dan ulu hati saat tengah malam karena asam lambungnya naik.

Apabila kondisi ini sering terjadi, kualitas tidur akan terganggu dan pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan fisik Anda secara keseluruhan.

Namun, Anda jangan khawatir, sebab, ada sejumlah cara mencegah Gerd kambuh saat tidur di malam hari.

Cara mencegah Gerd kambuh di malam hari

1.      Beri jeda waktu antara makan malam dan tidur

Supata Gerd tidak kambuh, beri jeda antara waktu makan malam dan tidur setidaknya dua hingga tiga jam.

Semakin berat jenis makan yang dikonsumsi ketika makan malam, misalnya makan Nasi Padang, maka jeda antara waktu makan dan tidur juga harus lebih panjang, misalnya tiga hingga empat jam.

2.      Kunyah makanan secara perlahan

Saat makan, pastikan Anda menguncah makan secara perlahan, supaya nutrisi dapat tercerna lebih baik dan pencernaan menjadi lebih lancar.

Hal ini dikarenakan, makanan telah menjadi lebih lunak. Sehingga sistem pencernaan tidak perlu melakukan tugas ekstra saat mencerna.

3.      Tidur dengan posisi setengah duduk

Cara ini dapat diterapkan untuk mengurangi kemungkinan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Saat Anda tidur, penting untuk mengatur posisi tidur agar setengah duduk. Namun, ingat, posisi setengah duduk bukan berarti menaruh lebih banyak bantal di bawah leher.

Untuk mendapatkan posisi setengah duduk, anda cukup menaruh satu bantal di bawah pinggang, dan dua bantal di bawah punggung.

4.      Makan dengan porsi lebih kecil

Makan dengan porsi kecil tetapi sering adalah salah satu cara mencegah asam lambung naik yang paling sederhana.

Bagi penderita Gerd, makan 5 kali sehari dalam porsi kecil lebih baik ketimbang makan 3 kali sehari dalam porsi besar. Mengapa? Karena saat makan dalam porsi besar, lambung Anda akan menampung beban yang lebih besar, sehingga tekanan dalam perut pun meningkat.

Kondisi ini menyebabkan makanan dan asam di lambung terdorong kembali ke kerongkongan dan menyebabkan rasa perih di ulu hati atau bahkan hingga ke dada.

Selain informasi cara mencegah Gerd kambuh, simak berita terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.