Kronologi Rombongan Motor Pengendara Jenazah Istri HRS Masuk Tol, Sudah Diingatkan Petugas Tapi Tetap Nekat
Rizieq Shihab (Foto Via DPP_LIP)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Rombongan pemotor yang yang mengantarkan jenazah istri Habib Rizieq Shihab (HRS) nekat menerobos tol Jagorawi. Polisi pun turun tangan dan mengeluarkan rombongan pemotor itu lewat gerbang tol GT) Taman Mini dan GT Pancoran. Lantas, bagaimana kronologi rombongan motor pengantar jenazah istri HRS masuk tol? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kronologi Romongan Motor Pengantar Jenazah Istri HRS Masuk Tol

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengungkap kronologi rombongan pemotor yang merupakan bagian dari iring-iringan ambulans yang mengantarkan jenazah istri HRS,Syarifah Fadhlun Yahya; nekat melintas jalan tol.

Dikatakan Latief, peristiwa itu terjadi pada Minggu, 17 Desember 2023 lalu. Kala itu, rombangan tersebut hendak menuju ke kawasan Megamendung, Bogor. Akan tetapi, yang menjadi masalah, ada rombongan pemotor yang ikut melintasi jalan tol.

Saat itu, rombongan pemotor pengantar jenazah Syarifah Fadlun sudah diingat petugas yang berjaga di Pejompongan supaya tidak ikut masuk tol. Akan tetapi, imbauan itu tidak digubris.

“Tentunya kan sudah tahu bahwa yang kendaraan bisa melalui tol itu roda empat, nah pada saat itu memang petugas yang ada di Pejompongan sudah mengingatkan, tapi mereka tetap memaksakan,” ucap Latif di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu, 20 Desember 2023.

Kombes Latif menyebut ada ratusan motor yang melintas di tol. Mereka masuk lewat Gerbang Tol Pejompongan.

“Ada ratusan, masuk dari Pejompongan. Karena dari Petamburan, masuk ke (GT) Pejompongan,” tutur Latif.

Petugas kepolisian yang berjaga di lapangan kemudian menjalin koordinasi dengan Traffic Management Center (TMC) dan petugas jasa marga untuk melakukan pengejaran terhadap rombongan pemotor tersebut. Upaya itu pun membuahkan hasil.

“Ketika dikoordinasikan ke TMC, TMC segera melakukan pengejaran untuk mengeluarkan kendaraan tersebut mulai dari Pancoran, terakhir sampai dengan Taman Mini baru tuntas semuanya,” beber Latif.

Dia menuturkan, rombongan pemotor itu sebagian ada yang dikeluarkan di GT Pancoran. Sebagian lagi dikeluarkan melalui GT Taman Mini.

Ditambahkan Latif, pihaknya akan mengenakan sanksi tilang untuk para pengendara motor tersebut. Polisi akan melihat CCTV untuk mengidentifikasi pemotor tersebut.

“Tilang ini sedang kami konfirmasi dengan CCTV yang ada di Pejompongan maupun tempat-tempat lain. Kalau nanti bisa ter-record kami lakukan tilang,” tegas Latif.

Belum diketahui mengapa rombongan pemotor pengantar jenazah istri HRS nekat masuk jalan tol. Latif menuturkan, saat itu pihaknya fokus untuk mengeluarkan pemotor dari jalan tol.

“Kami tidak sempat menanyakan, yang penting segera keluar dari tol,” tuturnya.

Sebagai informasi, istri Habib Rizieq Shihab (HRS), Syarifah Fadlun binti Yahya meninggal dunia pada Sabtu 26 Desember 2023, karena sakit yang dideritanya. Jenazahnya disemayamkan di Petampuran, Jakarta Pusat. Pada Minggu, 17 Desember 2023, jenazah almarhumah diberangkatkan ke pemakaman Markaz Syariah Mega Mendung, Bogor untuk dimakamkan.

Demikian informasi tentang kronologi rombongan motor penganjar jenazah istri HRS masuk tol. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.